Sabtu, 08 Desember 2018

PAS Bahasa Indonesia SMK Kelas X/1 2018-2019


PENILAIAN AKHIR SEMESTER (PAS)
SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK)
Tahun Pelajaran 2018/2019
MATA PELAJARAN           : BAHASA INDONESIA
PROGRAM                          : SEMUA PROGRAM KEAHLIAN
KELAS                                    : X / 1
I.      PILIHAN GANDA
Jawablah pertanyaan berikut ini dengan tepat
Bacalah teks dibawah ini dengan cermat!
Makhluk di Bumi ini
                Benda dikelompokkan atas persamaan dan perbedaannya. Dengan pengelompokan benda-benda itu lebih mudah dipelajari.
                Semua benda di dunia ini dapat diklasifikasikan menjadi kelompok yaitu benda hidup dan benda mati. Yang pertama sering disebut makhluk hidup dan yang kedua disebut makhluk mati. Benda hidup mempunyai ciri-ciri umum, seperti bergerak, bernafas, tumbuh dan mempunyai keturunan. Benda hidup juga membutuhkan makanan. Benda mati dibedakan dari benda hidup karena benda mati tidak mempunyai ciri-ciri umum tersebut. Kera, tumbuh-tumbuhan, ikan, dan bunga adalah contoh benda hidup. Sementara itu, kaca, air, plastik, baja, dan oksigen adalah benda mati.
                Benda hidup dapat dikelompokkan lagi menjadi binatang dan tumbuih-tumbuhan. Pengelompokan itu dilakukan karena keduanya berbeda dalam beberapa hal. Tumbuh-tumbuhan tidak dapat bergerak dari satu tempat ke tempat lain. Tumbuh-tumbuhan tidak mempunyai otak, jantung, paru-paru, dan darah. Tetapi hidup. Selain itu, tumbuh-tumbuhan dapat melakukan sesuatu yang sangat penting yang tidak dapat dilakukan oleh binatang. Tumbuh-tumbuhan dapat menghasilkan makanannya sendiri sedangkan binatang tidak. Rumput, gandum dan tanaman keras adalah jenis tumbuh-tumbuhan. Namun, tidak semua tumbuh-tumbuhan dapat dikelompokkan menjadi tumbuh-tumbuhan berbunga dan tumbuh-tumbuhan tidak berbunga. Mawar, jagung, dan tanaman buah mempunyai bunga, tetapi jamur, lumut dan pakis tidak.
                Selanjutnya, binatang dapat dibagi menjadi beberapa vertebrata dan invertebrata. Vertebrata bertulang belakang meliputi manusia, burung, anjing, katak, dll. Sedangkan invertebrata tidak bertulang belakang meliputi ubur-ubur, kupu-kupu dan laba-laba. Terdapat lima kelompok vertebrata  yaitu manusia, burung, amphibian, reptilian, dan ikan.
1.    Ide pokok yang terdapat pada kedua paragraph teks laporan di atas adalah …
a.       Selanjutnya, binatang dapat dibagi menjadi beberapa vertebrata dan invertebrata.
b.      Benda hidup dapat dikelompokan lagi menjadi binatang dan tumbuh-tumbuhan.
c.       Tumbuh-tumbuhan dapat menghasilkan makanan sendiri sedangkan binatang tidak.
d.      Vertebrata bertulang belakang meliputi manusia, burung, anjing, dll.
e.      Benda dikelompokan atas persamaan dan perbedaannya.
2.    Teks diatas merupakan teks laporan hasil observasi karena teks tersebut tersusun dengan memaparkan …
a.       Aspek yang dilaporan dengan sebuah pernyataan lalu diikuti oleh klasifikasian benda.
b.      Pernyataan umum atau klarifikasi kemudian diikuti anggota atau aspek yang dilaporkan.
c.       Pengelompokan benda menurut penulis lalu dituangkan dalam klasifikasi yang mendukung
d.      Pengklasifikasian secara ilmiah dan logis kemudian dilaporkan sesuai dengan aspek penelitiannya.
e.      Benda-benda yang diklasifikasikan lalu diikuti oleh benda-benda yang tidak umum.
3.    Dibawah ini konjungsi yang tidak terdapat pada paragraph kedua adalah…
a.       Dan
b.      Yaitu
c.       Karena
d.      Sehingga
e.      Sementara itu
4.    Dalam paragraph kedua kalimat pertama teks di atas terdapat kata “ klasifikasi”. Di bawah ini merupakan sinonim kata tersebut, yaitu …
a.       Disebutkan
b.      Dipisahkan
c.       Digolongkan
d.      Disusun
e.      Dibagi
5.    Paragrapht ke-3 kalimat ketiga terdapat kata “ bergerak”. Berikut ini merupakan antonym kata tersebut adalah …
a.       Pasif
b.      Statis
c.       Elastis
d.      Fluktuatif
e.      Dinamis
6.     Konjungsi berikut  ini dapat ditemukan pada paragraph di atas yaitu, …
a.       Yang dari, dalam, dan oleh karena itu
b.      Seperti, menjadi, selain itu, dan tetapi
c.       Yang juga, namun, sementara itu
d.      Adalah, karena, selain itu, dan namun
e.      Disebut, juga, tetapi dan sedangkan
7.    Dibawah ini merupakan kalimat kompleks yang terdapat dalam teks di atas, yaitu …
a.       Benda hidup juga membutuhkan makanan
b.      Kaca, air, plastic, baja dan oksigen adalah contoh benda mati
c.       Dengan pengelompokan, benda-benad itu lebih mudah dipelajari
d.      Tumbuh-tumbuhan tidak dapat bergerak dari satu tempat ketempat lain.
e.      Yang pertama sering disebut makhluk hidup dan yang kedua disebut makhluk mati.
8.    Contoh kalimat definisi yang sesuai dengan isi teks tersebut adalah …
a.       Benda mati adalah kaca, air, plastik, baja dan oksigen
b.      Invertebrata adalah hewan yang tidak bertulang belakang
c.       Kera, tumbuh-tumbuhan dan bunga adalah  benda hidup
d.      Vertebrata adalah manusia, burung, anjing, katak, dll
e.      Tumbuhan berbunga adalah mawar, jagung, dan tanaman buah.
9.    Bacalah kutipan teks laporan dibawah ini!
Sampah organik adalah sampah yang dapat diuraikan lagi dan mudah membusuk. Sampah ini biasanya berupa limbah rumah tangga yang mudah membusuk seperti limbah ternak, daun-daun atau batang pohon yang sudah mati.
 Intisari yang sesuai dengan teks laporan di atas adalah …
a.         Sampah organik adalah sampah yang dapat diuraikan lagi dan mudah membusuk.
b.        Sampah organik adalah sampah yang tidak mudah diuraikan.
c.         Sampah organik berupa limbah rumah tangga
d.        Sampah adalah barang ekonomis bernilai guna.
e.        Contoh dari sampah anorganik adalah kaleng dan plastik
10.  … adalah sampah yang sulit diuraikan tidak bisa hancur dengan alami. Biasanya terdiri dari limbah-limbah bahan kimia yang tidak mudah diuraikan. Namun bisa didaur ulang yang membuat barang bernilai guna. Contoh sampah anorganik adalah plastik, wadah, bungkus makanan, dan lain-lain.
Kata yang sesuai dengan kalimat yang rumpang pada teks di atas adalah …
a.       Sampah organik
b.      Sampak anorganik
c.       Sampah organik dan anorganik
d.      Sampah ekonomis dan terjangkau
e.      Sampah yang bisa diuraikan
11.  (1) setiap orang memiliki hobi atau kegemaran, tetapi tidak setiap orang dapat mengembangkan hobinya dengan baik. (2) banyak faktor yang menyebabkan orang tidak dapat mengembangkan hobinya. (3) Pertama, kmungkinan lingkungan tidak mendukung. (4) Sebagai contoh, kita memiliki hobi melukis, tetapi orang tua tidak menginginkan kita mengembangkan hobi kita itu. (5) Kedua, dana atau fasilitas pendukung. (6) Kita mempunyai hobi beternak ayam, tetapi kita tinggal diperkotaan yang padat penduduk. (7) Ketiga, factor lain yang penting adalah kemauan kita. (8) Apapun kendala yang kita hadapi, apabila kita memiliki kemauan yang kuat, tidak setengah hati, kita dapat mengatasi masalah-masalah yang menghambat pengembangan hobi kita.
Tesis pada eksposisi diatas adalah ….
a.      Hanya beberapa orang saja yang memiliki hobi dan kegemaran.
b.      Tidak setiap orang dapat mengembangkan hobinya dengan baik.
c.       Faktor yang menyebabkan seseorang tidak dapat mengembangkan hobinya
d.      Lingkungan dapat menjadi penyebab orang tidak mengembangkan hobinya.
e.       Setiap orang mempunyai hobi, tetapi tidak semuanya dapat mengembangkan hobinya dengan baik.
12.  Bumi saat ini sedang menghadapi berbagai masalah lingkungan yang serius. Enam masalah lingkungan yang utama tersebut adalah jumlah penduduk, penipisan sumber daya alam, perubahan iklim global, kepunahan tumbuhan dan hewan, kerusakan habitat alam, serta peningkatan polusi dan kemiskinan. Dari hal itu dapat dibayangkan betapa besar kerusakan alam yang terjadi karena jumlah populasi yang besar, konsumsi sumber daya alam dan polusi yang meningkat, sedangkan teknologi saat ini belum dapat menyelesaikan permasalahan tersebut.
Gagasan pokok pada paragraph di atas …
a.       Peningkatan polusi dan kemiskinan diakibatkan oleh perubahan iklim global.
b.      Bumi saat ini sedang menghadapi berbagai masalah lingkunganyang serius
c.       Kerusakan alam yang terjadi karena jumlah populasi yang besar
d.      Enam masalah lingkungan disebabkan oleh ledakan jumlah penduduk, penipisan sumber daya alam, perubahan iklim global, kepunahan tumbuhan dan hewan.
e.      Kerusakan habitat alam serta peningkatan polusi kemiskinan merupakan penyebab kerusakan lingkungan.
13.     Contoh simpulan yang dapat digunakan dalam teks eksposisi yaitu …
a.       Seharusnya setiap orang tua mendidik anak dengan sebaik mungkin
b.      Dengan demikian, sebaiknya seluruh siswa mengikuti kegiatan ekstrakurikuler di sekolah.
c.       Masyarakat yang melakukan kredit memang seharusnya memikirkan terlebih dahulu secara matang untuk pengajuan kredit yang akan dilakukan.
d.      Cara memutihkan kulit yang sangat mudah, bukan?
e.      Kini anda tahu mengapa organisasi tersebut akhirnya dibubarkan oleh pemerintah.
14.  Bacalah teks berikut!
Kementrian hukum dan hak asasi manusia hingga tanggal 13 Mei 2013 mencatat ada 158.812 narapidana dan tahanan di Indonesia, yang  51.899 orang diantaranya terkait kasus narkoba.
  Kalimat di atas termasuk kedalam contoh kalimat …
a.       Fakta
b.      Opini
c.       Argument
d.      Pendapat
e.      Analisa
15.     Bacalah teks berikut!
(1)  Menghadiri wawancara tanpa terlebih dahulu melakukan penyelidikan hanya akan menambah kegugupan anda. Untuk itu, pelajari dahulu sebelum melakukan wawancara. (2) Anda akan merasa lebih percaya diri jika mampu menjawab setiap pertanyaan yang akan ditanyakan oleh pewawancara. (3) Pelajari segalanya yang perlu diketahui tentang perusahaan, posisi, dan bahkan industri yang akan anda masuki. (4) Seandainya anda mendapat pertanyaan yang anda tidak ketahui jawabannya tenang saja, berhenti mengumpulkan pikiran anda dan jangan takut untuk menanyakan lebih detail pertanyaan tersebut pada pewawancara. (5) Taktik ini akan memberikan anda beberapa saat untuk segera memberikan jawaban.
Kalimat opini dalam teks tersebut terdapat pada nomor …
a.       1
b.      2
c.       3
d.      4
e.      5
16.     Bacalah teks berikut!
Apa yang terjadi apabila manusia bekerja? Seperti tokoh orang pembuat perahu berasal dari pohon yang besar kemudian tukang pembuat perahu mereparasi pohon sampai menjadi perahu.
Argument yang tepat untuk pendapat tersebut adalah …
a.       Manusia harus mampu melakukan pekerjaan dengan baik
b.      Manusia harus memiliki ketrampilan untuk menyelesaikan pekerjaan
c.       Dengan bekerja akan mendapatkan uang
d.      Pekerjaan yang baik untuk orang yangbaik juga.
e.      Pekerjaan akan selesai apabila dikerjakan dengan baik.
17.     Beras oragnik lebih menguntungkan daripada beras nonorganic. Mutu beras organik lebih sehat, awet dan enak. Selain itu, beras organik tidak mencemari lingkungan karena tidak menggunakan bahan kimia. Keuntungan yang didapat petani beras oragnik juga lebih tinggi. Petani beras orgnik mendapat kuntungan 34% dari biaya produksi, sedangkan petani beras nonorganik hanya mendapat keuntungan 16% dari biaya produksi.  Oleh karena itu, mari kita bertani dengan cara organik agar lebih menguntungkan dan dapat meningkatkan taraf hidup.
Penegasan ulang pendapat dalam teks tersebut terdapat dalam kalimat …
a. Beras organik lebih menguntungkan daripada beras nonorganik.
b. Oleh karena itu, mari kita bertani dengan cara organik agar lebih menguntungkan dan dapat meningkatkan taraf hidup.
c. Mutu beras organik lebih sehat, awet, dan enak.
d. Selain itu, beras organik tidak mencemari lingkungan karena tidak menggunakan bahan kimia.
e. Keuntungan yang didapat para petani beras organik juga lebih tinggi.
18.     Jika penghuni kawasan ASEAN dituntut hanya berbahasa Inggris, saya percaya bahwa posisi bahasa Indonesia akan bergeser di negeri … sendiri. Pada saat itu bangsa Indonesia bukanlah pemenang melainkan pecundang!
Penggunaan pronominal (kata ganti orang) yang tepat pada kalimat yang rumpang dari paragraph di atas adalah …
a.       Aku
b.      Saya
c.       Kita
d.      Dia
e.      Mereka
Bacalah teks berikut ini untuk soal no. 19 – 20
Bumi saat ini sedang menghadapi berbagai masalah lingkungan yang serius. Kenyataan ini sangat jelas menggambarkan kehancuran alam yang terjadi saat ini yang diikuti bencana bagi manusia.
19.     Kalimat di atas merupakan jenis kalimat …
a.       Kalimat verbal aktif transitif
b.      Kallimat vebal aktif intransitive
c.       Kalimat berpredikat nomina
d.      Kalimat adjectiva
e.      Kalimat nominal
20.      Kata yang bergaris bawah pada teks di atas merupakan kata berimbuhan jenis …
a.       Verba
b.      Nomina
c.       Adjektiva
d.      Numeralia
e.      Adverbial
21.     Bacalah teks berikut ini untuk menjawab nomor 21 dan 22.
       Andi kehilangan sepeda motor, kemudian melapor ke kantor polisi setempat setelah tiga bulan berlalu, Andi belum juga mendapat kabar dari kepolisian, akhirnya Andi memutuskan pergi ke kantor polisi untuk menanyakan nasib motornya. Setelah sampai di kantor polisi, Andi merasa senang karena mendapat keterangan bahwa motornya sudah diketemukan. Andi ingin segera membawa pulang motor kesayangan tersebut.
“ Bolehkah saya membawa pulang motor tersebut, pak?” Tanya Andi kepada petugas.
“ Boleh Nak, asal kamu tahu diri.” Jawab Petugas.
“ Oh, iya. Saya mengucapkan terimakasih, Pak.” Sambil berjabat tangan dan menerima surat keterangan. Petugas tersebut menyerahkan berkas penerimaan dengan berat.
Penyebab kelucuan anekdot tersebut adalah …
a.       Andi kehilangan sepeda motor
b.      Setelah tiga bulan tidak ada kabar dari kepolisian
c.       Andi mendapat kabar bahwa motornya sudah ditemukan
d.      Petugas polisi mendapatkan upah ucapan terimakasih dari Andi
e.      Petugas menyerahkan berkas dengan berat hati.
22.     Makna tersirat yang bisa diambil dari anekdot tersebut adalah …
a.       Jagalah kemanan barang pribadi anda
b.      Menolong orang yang membutuhkan hendaknya dilakukan dengan ikhlas, terutama bagi pihak yang berwajib yang sudah difasilitasi oleh pemerintah.
c.       Pelayanan terhadap masyarakat tidak didapatkan secara gratis
d.      Jangan memakirkan kendaraan disembarang tempat.
e.      Setiap warga berhak mendapat perlindungan
23.     Cermati kutipan anekdot berikut ini!
   Suatu hari, Budi dalam perjalanan pulang dengan mengendarai sebuah mobil. Saat itu, malam hari dan hujan turun dengan lebat. Sial bagi Budi, lampu depan mobilnya padam. Karena tidak ada penerangan yang cukup, Budi mengikuti lampu belakang mobil didepannya. Tiba-tiba mobil yang diikuti Budi berhenti mendadak dan mengakibatkan Budi menabrak mobil tersebut.
Budi : “ ini jelas bukan salah saya, salah kamu yang berhenti mendadak!” (sambil menantang)
Sopir : “ itu jelas salahmu!”
Budi : “ Kok bisa, jelas-jelas kau yang berhenti mendadak!” (masih dengan mata menantang)
Sopir : “Kamu kira ini dimana? Disinikan garasi rumahku.”
Nilai didik pada kutipan anekdot tersebut adalah …
a.       Emosi harus terkendali saat menghadapi persoalan
b.      Jangan lekas marah pada orang lain jika belum tahu persoalan yang sebenarnya.
c.       Semua orang tidak boleh marah
d.      Seorang Sopir yang marah
e.      Budi seorang pemarah
24.     Cermati kutipan teks berikut ini!
Polisi            : “Kemalingan kok beruntung?”
Pelapor       : “Iya pak, saya beruntung karena CCTV merekam dengan jelas.  Saya bisa melihat dengan jelas wajah malingnya.”
Polisi            : “Sudah ijin malingnya untuk merekam?”
Kutipan anekdot tersebut tergolong kedalam …
a.       Abstrak
b.      Orientasi
c.       Reaksi
d.      Krisis
e.      Koda
25.     Bacalah kalimat berikut!
Suatu hari Jarwo dan Jono tengah asyik mengobrol di warung kopi. Mereka berdua mengobrol tentang perilaku berkendara motor di Indonesia.
Kata yang termasuk kata kerja aksi adalah …
a.       Suatu hari
b.      Asyik
c.       Mengobrol
d.      Warung kopi
e.      Berkendara
26.     Bacalah kalimat berikut!
Tikus berekor panjang memang ganas, … lebih ganas tikus berdasi.
Konjungsi yang tepat untuk melengkapi bagian yang rumpang kalimat tersebut adalah …
a.       Sedangkan
b.      Lalu
c.       Tetapi
d.      Dan
e.      Kemudian
27.  Salah satu kaedah dalam teks anekdot adalah penggunaan waktu lampau.
Berikut yang termasuk penggunaan waktu lampau adalah …
a.    Pada suatu waktu ada seorang raja bermimpi.
b.   Sekaranglah saatnya belajar membuat anekdot.
c.    Besok ramai-ramai mereka berdemo.
d.   Mengapa semua terjadi?
e.   Anekdot memang perlu dibaca agar memberi nilai tambah.
28.  Bacalah teks anekdot berikut ini untuk menjawab pertanyaan nomor 8 dan 9!
      Pak guru sedang menjelaskan pentingnya tata aturan lalu lintas untuk keselamatan dan berhenti karena ada siswa yang terlambat dan pak guru bertanya.
Pak Guru       : “Kenapa kamu terlambat, Andy?”
Andy               : “Maaf Pak, tadi dijalan saya membaca papan peringatan karena itu saya terlambat.”
Pak Guru       : “Maksud kamu, papan peringatan bagaimana?”
Andy               : “Itu loh Pak yang tulisannya, hati-hati tikungan tajam turunkan kecepatan.”
Struktur abstraksi terdapat pada kalimat …
a.    Pa Guru sedang menjelaskan pentingnya tata aturan lalulintas untuk keselamatan dan berhenti karena ada siswa terlambat.
b.   Pak Guru : “Kenapa kamu terlambat, Andy?”
c.    Andy         : “Maaf Pak, tadi dijalan saya membaca papan peringatan karena itu saya terlambat.”
d.   Pak Guru : “Maksud kamu, papan peringatan bagaimana?”
e.   Andy         : “Itu loh Pak yang tulisannya, hati-hati tikungan tajam turunkan kecepatan.”
29.  Pokok  kelucuan dalam teks tersebut adalah …
a. Kenapa kamu terlambat?”
b. Maaf Pak, tadi dijalan saya membaca papan peringatan karena itu saya terlambat.
c.  Itu loh Pak yang tulisannya, hati-hati tikungan tajam turunkan kecepatan.
d. Pak guru sedang menjelaskan pentingnya tata aturan lalu lintas
e. Berhenti karena ada siswa yang terlambat dan pak guru bertanya.
30.     Bacalah kalimat berikut ini!
Seorang pengusaha kaya berkunjung kerumah temannya, sesama bisnisman sukses. Alangkah terkejutnya saat ia mendapatkan sang kawan sedang mengepel lantai rumahnya.
Konjungsi yang terdapat dalam kutipan tersebut adalah …
a.       Pengusaha
b.      Berkunjung
c.       Alangkah
d.      Mendapatkan
e.      Sedang
31.     Berikut ini ciri-ciri hikayat, kecuali …
a.       Anonym
b.      Khayal
c.       Logis
d.      Lisan
e.      Istana sentris
32.     Dibawah ini yang termasuk kalimatyang mengandung nilai social adalah …
a.       “Maka ia pun menyerahkan dirinya kepada Mahakuasa dan berjalan dengan sekuat-kuatnya.” Mengisyaratkan pesan untuk pasrah kepada Tuhan setelah berikhtiar dan berusaha.
b.      “Barang siapa yang dapat susu harimau beranak muda, ialah yang akan menjadi suami tuan Puteri.
c.       “Si kembar menolak dengan mengatakan bahwa dia adalah hamba yang hina. Tetapi, tuan puteri menerimanya dengan senang hati.”
d.      “Indra Bangsawan berkata susu itu tidak akan dijual dan hanya akan diberikan kepada orang yang menyediakan pahanya diselit besi hangat.”
e.      “Maka anakanda baginda yang dua orang itu pun sampailah usia tujuh tahun dan dititahkan pergi mengaji kepada Mualim Sufian. Sesudah tahu mengaji kitab usul, fikih, hingga saraf, tafsir sekaliannya diketahuinya.”
33.     Bacalah cerita rakyat berikut!
NYAI RORO KIDUL
Cerita rakyat dari Yogyakarta
   Konon, Nyai Roro Kidul dulu bernama Kahita. Karena kecantikannya, dia sering disebut Dewi Srengenge, yang artinya Matahari Jelita. Meskipun sudah mempunyai puteri yang cantik, Raja Munding Wangi menginginkan anak laki-laki. Oleh karena itu, dia menikah lagi dengan Dewi Mutiara. Dewi Mutiara akhirnya mempunyai anak laki-laki dan dia menuntut agar Dewi Kahita diusir. Namun, Raja Munding Wangi menolaknya. Akhirnya Dewi Mutiara memanggil tukang sihir dan membuat Dewi Kahita menderita sakit kudis diseluruh tubuhnya dan baunya tidak enak. Raja Munding Wangi dengan berat hati menyuruh Dewi Kahita pergi dari istana.
Isi cerita yang sesuai dengan cerita rakyat di atas adalah …
a.       Dewi Kahita senang memiliki ibu tiri yang baik.
b.      Dewi Mutiara menangis atas kepergian Dewi Kahita.
c.       Nyai Roro Kidul merupakan jelmaan dari Dewi Mutiara yang cantik jelita.
d.      Raja Munding Wangi menikahkan Dewi Kahita dengan Pangeran dari kerajaan lain.
e.      Dewi Mutiara memanggil tukang sihir dan membuat Dewi Kahita menderita sakit kudis diseluruh tubuhnya.
34.     Bacalah penggalan teks cerita pendek dan cerita rakyat di bawah ini dengan cermat!
Teks 1
Setelah bertemu denganmu aku tidak polos lagi, tetapi aku tidak bisa menuduhmu mencuri. Tidak ada bukti. Tidak ada saksi. Hanya Tuhan saja yang tahu bagaimana kamu menarik hatiku hingga aku tidak memilikinya lagi. Orang yang tidak memiliki hati pasti dia bukan manusa lagi. Tapi, entahlah. Setelah hatiku kau curi, aku malah jadi lebih manusiawi. Aku sangat percaya Tuhan Maha Mengetahui segalanya dan aku sangatlah yakin. Aku sedang membangun mimpi mengenai suatu negeri ketika kamu datang.
Teks 2
Setelah mengandung selama dua puluh tahun Putri Raksa Gandi melahirkan Rawana. Ketika ia berumur dua belas tahun ia memiliki kekuatan luar biasa sehingga banyak teman bermainnya mati dipukulnya. Para orang tua mengadukan hal ini pada kakeknya, Bermaraja, yang memutuskan untuk membuang cucunya itu. sebelumnya ia meminta kerelaan Ayah Rawana, Citrabaha. Maka Citrabaha menjawab, “Ya, Tuanku Syah Alam, jangankan seperti Rawana yang segumpal darah itu, jikalau ada lagi seribu kian sekalipun, jikalau dikehendaki oleh Syah Alam. Patik persembahkan juga kebawah duli Syah Alam.”
Perbedaan nilai-nilai yang terkandung dari kedua teks di atas adalah …
a.       Teks pertama mengandung nilai budaya sedangkan teks kedua mengandung nilai moral.
b.      Teks pertama banyak mengandung nilai social sedangkan teks kedua mengandung nilai agama.
c.       Teks pertama mengandung nilai agama sedangkan teks kedua mengandung nilai moral.
d.      Teks pertama mengandung nilai sosial sedangkan teks kedua mengandung nilai moral.
e.      Teks pertama mengandung nilai agama sedangkan teks kedua mengandung nilai budaya.
35.     (1) Pada suatu hari, Sri Baginda dan Pangeran pergi mencari Permaisuri. (2) Mereka menelusuri kota besar dan indah namun tidak ada kabar mengenai Permaisuri. (3) Ketika berjalan ditengah kota mereka bertemu dengan seorang peramal. (4) Lalu Sri Baginda bertanya kepada peramal tersebut tentang keberadaan Permaisur yang diculik. (5) Peramal mengatakan bahwa Sri Baginda tidak bisa menjaga Permaisuri dengan baik, pilih kasih terhadap istri-istri yang lain.
Bukti latar tempat terdapat pada nomor?
a.       (1)
b.      (2)
c.       (3)
d.      (4)
e.      (5)
36.     Cermati kalimat berikut!
Sulit sekali menemukan kekurangan pada buku ini. Semua unsur yang seharusnya dimiliki sebuah karya fiksi terpenuhi dalam buku ini.
Kalimat di atas merupakan bagian dari …
a.       Kelemahan buku
b.      Keunggulan buku
c.       Kualitas buku
d.      Ketebalan buku
e.      Harga buku
37.  Bacalah kutipan cerita rakyat berikut!
       Kedatangan si Kulup di desanya terdengar oleh kedua orang tuanya. Sangatlah rindu kedua orang tuanya, terlebih lagi emaknya. Emaknya menyiapkan makanan kesukaan si Kulup, seperti ketupat, rebus belut, panggang ayam, dan sebagainya. Kedua orang tuanya datang ke kapal sambil membawa makanan kesukaan anaknya. Sesampainya di kapal kedua orang tua itu mencari anaknya si Kulup. Si Kulup sudah menjadi saudagar kaya, melihat kedua orang tuanya ia merasa malu. Maka diusirlah kedua orang tuanya. Buah tangan yang dibawa emaknya pun dibuang.
Tema cerita rakyat diatas adalah …
a.       Kedurhakaan seorang anak kepada orang tua
b.      Dendam yang tidak terbalas
c.       Cinta tak sampai
d.      Cinta anak sepenggalan
e.      Kasih sayang orang tua
38.     Bacalah teks cerita rakyat dibwah ini dengan cermat!
Kabayan
       Di sebuah kampung ditepi hutan tinggalah kabayan yang cerdik. Pada suatu hari, Kabayan menunjukan keahliannya sebagai orang yang mampu menguasai bahasa burung. Hal itu diketahui kepala kampung. Kemudian kepala kampung membawa kabayan berburu ke hutan. Di hutan, mereka melihat pohon yang tumbang dan seekor burung hantu membangun sarang di atasnya. Bertanyalah kepala kampung kepada Kabayan, “Coba beritahu aku apa yang diutarakan burung hantu itu?”
   “Ia bilang“, kata Kabayan. “Jika kepala Kampung tidak berhenti menyusahkan warganya, kekuasaannya akan segera tumbang seperti pohonku ini.” Kepala Kampungpun merah padam mukanya menahan marah dan malu …
Kalimat yang sesuai untuk melanjutkan cerita teks yang rumpang di atas adalah …
a.       Kabayan adalah warga yang sangat cerdik dan tidak bisa dibodohi
b.      Kepala Kampung ikut berbahagia dengan cerita Kabayan.
c.       Kepala Kampung merah padam memendam dendam yang membara.
d.      Akhirnya dia pergi dan meninggalkan Kabayan begitu saja.
e.      Akhirnya Kabayan dan Kepala Kampung saling berjabat tangan.
39.     Dalam mengomentari sebuah buku, baik buku fiksi maupun nonfiksi dapat didasarkan pada, kecuali …
a.       Judul buku
b.      Isi buku
c.       Penyajian buku
d.      Pengarang buku
e.      Penggunaan bahasa
40.  Cara pertama menyusun ringkasan buku nonfiksi adalah, kecuali …
a.       Menemukan unsur-unsur pendahuluan
b.      Menulis ulang ringkasan buku nonfiksi
c.       Menemukan pernyataan–pernyataan penting dari buku.
d.      Menemukan permasalahan umum dalam buku
e.      Menemukan isi pembicaraan dalam buku.

II.    URAIAN 
41.     Apa yang dimaksud dengan teks laporan observasi?
42.     Bacalah teks berikut!
       Pisang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh manusia. Hal tersebut dapat didapat, baik dengan mengonsumsinya langsung, maupoun dengan proses pengolahan lebih lanjut. Semestinya saat memanen buah pisang, bagian pisang yang lainya juga dimanfaatkan untuk dikonsumsi. Dengan mengetahui manfaat dan cara pengolahannya, masyarakat dapat memanfaatkan untuk pribadi atau menjadikannya lahan usaha.
Tuliskan struktur teks laporan yang membangun teks tersebut!
43.     Cermati paragraph berikut!
       Anton siswa SMK kelas X yang baru saja berusia 15 tahun. Dia berangkat kesekolah naik sepeda motor. Karena belum cukup umur, dia ditilang polisi. Dia tidak membawa SIM, STNK-nya tertinggal, serta tidak memakai helm. Kejadian ini diceritakan Anton kepada Guru dan teman-temannya. Temannya mengatakan padanya bahwa pada kasus itu Antonlah yang bersalah. Namun, Anton tersinggung karena merasa tidak ada yang membelanya.
Berilah komentar bagaimana seharusnya sikap Anton!
44.     Ubahlah penyajian anekdot Aksi Maling Tertangkap CCTV dari bentuk dialog kedalam bentuk narasi!
AKSI MALING TERTANGKAP CCTV
Seorang warga melapor kemalingan.
Pelapor       : “ Pak, saya kemalingan.”
Polisis          : “Kemalingan apa?”
Pelapor       : “Mobil, Pak. Tapi saya beruntung Pak …”
Polisi            : “Kemalingan kok beruntung?”
Pelapor       : “ Iya pak, saya beruntung karena CCTV merekam dengan jelas wajah malingnya.”
Polisi            : “Sudah ijin malingnya untuk merekam
Pelapor       : “Belum …” (Sambil menatap polisi dengan penuh keheranan).
Polisi            : “Itu illegal. Anda saya tangkap.”
Pelapor       : (hanya bisa pasrah tak berdaya).
45.     Tentukan latar suasana, waktu dan tempat dari teks hikayat berikut ini!
HIKAYAT PANJI SEMIRANG
       Alkisah pada zaman dahulu hiduplah seorang raja di Tanah Jawa yang merupakan empat bersaudara. Yang tua menjadi raja di Kahuripan, yang muda menjadi raja di Daha, yang tengah menjadi raja di Gegelang, dan yang bungsu menjadi raja di Singasari. Empat orang bersaudara itu sangat menyayangi satu sama lain. Negeri tempat mereka tinggal sangat ramai dan termasyur. Banyak pedagang asing yang masuk untuk berniaga di dalam negeri itu.
       Bermula dari seorang yang bernama Nata Kuripan dengan selirnya yang bernama Paduka Mahadewi. Mereka memiliki anak laki-laki yang sangat tampan rupanya. Dari wajahnya sudah terlihat jejak-jejak keagungan dari Ayahnya. Maka, diberinya inang pengasuh serta tanah di Karang Banjar Ketapang. Orang-orang menyebut anak tersebut dengan sebutan Raden Banjar Ketapang.
       Permaisuri Kuripan yang mengetahui itu, juga ingin mempunyai anak laki-laki yang baik parasnya. Iapun mendiskusikannya dengan suaminya. Setelah beberapa lama, mereka memutuskan untuk menyembah segala dewa-dewa selama 40 hari 40 malam agar keinginannya dikabulkan.
(Soal dari Dinas Pendidikan Jawa Barat)



1 komentar: