PENILAIAN AKHIR SEMESTER (PAS)
SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK)
Tahun Pelajaran 2018/2019
MATA PELAJARAN : BAHASA INDONESIA
PROGRAM :
SEMUA PROGRAM KEAHLIAN
KELAS :
X / 1
I. PILIHAN GANDA
Jawablah pertanyaan
berikut ini dengan tepat
Bacalah teks dibawah
ini dengan cermat!
Makhluk di Bumi ini
Benda dikelompokkan atas
persamaan dan perbedaannya. Dengan pengelompokan benda-benda itu lebih mudah
dipelajari.
Semua benda di
dunia ini dapat diklasifikasikan menjadi kelompok yaitu benda hidup dan benda
mati. Yang pertama sering disebut makhluk hidup dan yang kedua disebut makhluk
mati. Benda hidup mempunyai ciri-ciri umum, seperti bergerak, bernafas, tumbuh
dan mempunyai keturunan. Benda hidup juga membutuhkan makanan. Benda mati
dibedakan dari benda hidup karena benda mati tidak mempunyai ciri-ciri umum
tersebut. Kera, tumbuh-tumbuhan, ikan, dan bunga adalah contoh benda hidup. Sementara
itu, kaca, air, plastik, baja, dan oksigen adalah benda mati.
Benda hidup dapat dikelompokkan
lagi menjadi binatang dan tumbuih-tumbuhan. Pengelompokan itu dilakukan karena
keduanya berbeda dalam beberapa hal. Tumbuh-tumbuhan tidak dapat bergerak dari
satu tempat ke tempat lain. Tumbuh-tumbuhan tidak mempunyai otak, jantung,
paru-paru, dan darah. Tetapi hidup. Selain itu, tumbuh-tumbuhan dapat melakukan
sesuatu yang sangat penting yang tidak dapat dilakukan oleh binatang.
Tumbuh-tumbuhan dapat menghasilkan makanannya sendiri sedangkan binatang tidak.
Rumput, gandum dan tanaman keras adalah jenis tumbuh-tumbuhan. Namun, tidak
semua tumbuh-tumbuhan dapat dikelompokkan menjadi tumbuh-tumbuhan berbunga dan
tumbuh-tumbuhan tidak berbunga. Mawar, jagung, dan tanaman buah mempunyai
bunga, tetapi jamur, lumut dan pakis tidak.
Selanjutnya, binatang dapat
dibagi menjadi beberapa vertebrata dan invertebrata. Vertebrata bertulang
belakang meliputi manusia, burung, anjing, katak, dll. Sedangkan invertebrata
tidak bertulang belakang meliputi ubur-ubur, kupu-kupu dan laba-laba. Terdapat
lima kelompok vertebrata yaitu manusia,
burung, amphibian, reptilian, dan ikan.
1.
Ide pokok yang terdapat pada kedua paragraph
teks laporan di atas adalah …
a.
Selanjutnya, binatang dapat dibagi menjadi
beberapa vertebrata dan invertebrata.
b.
Benda hidup dapat dikelompokan lagi menjadi
binatang dan tumbuh-tumbuhan.
c.
Tumbuh-tumbuhan dapat menghasilkan makanan
sendiri sedangkan binatang tidak.
d.
Vertebrata bertulang belakang meliputi manusia,
burung, anjing, dll.
e.
Benda dikelompokan atas persamaan dan
perbedaannya.
2.
Teks diatas merupakan teks laporan hasil observasi
karena teks tersebut tersusun dengan memaparkan …
a.
Aspek yang dilaporan dengan sebuah pernyataan
lalu diikuti oleh klasifikasian benda.
b.
Pernyataan umum atau klarifikasi kemudian
diikuti anggota atau aspek yang dilaporkan.
c.
Pengelompokan benda menurut penulis lalu
dituangkan dalam klasifikasi yang mendukung
d.
Pengklasifikasian secara ilmiah dan logis
kemudian dilaporkan sesuai dengan aspek penelitiannya.
e.
Benda-benda yang diklasifikasikan lalu diikuti
oleh benda-benda yang tidak umum.
3.
Dibawah ini konjungsi yang tidak terdapat pada
paragraph kedua adalah…
a.
Dan
b.
Yaitu
c.
Karena
d.
Sehingga
e.
Sementara itu
4.
Dalam paragraph kedua kalimat pertama teks di
atas terdapat kata “ klasifikasi”. Di bawah ini merupakan sinonim kata
tersebut, yaitu …
a.
Disebutkan
b.
Dipisahkan
c.
Digolongkan
d.
Disusun
e.
Dibagi
5.
Paragrapht ke-3 kalimat ketiga terdapat kata “
bergerak”. Berikut ini merupakan antonym kata tersebut adalah …
a.
Pasif
b.
Statis
c.
Elastis
d.
Fluktuatif
e.
Dinamis
6.
Konjungsi berikut ini dapat ditemukan pada paragraph di atas
yaitu, …
a.
Yang dari, dalam, dan oleh karena itu
b.
Seperti, menjadi, selain itu, dan tetapi
c.
Yang juga, namun, sementara itu
d.
Adalah, karena, selain itu, dan namun
e.
Disebut, juga, tetapi dan sedangkan
7.
Dibawah ini merupakan kalimat kompleks yang
terdapat dalam teks di atas, yaitu …
a.
Benda hidup juga membutuhkan makanan
b.
Kaca, air, plastic, baja dan oksigen adalah
contoh benda mati
c.
Dengan pengelompokan, benda-benad itu lebih
mudah dipelajari
d.
Tumbuh-tumbuhan tidak dapat bergerak dari satu
tempat ketempat lain.
e.
Yang pertama sering disebut makhluk hidup dan
yang kedua disebut makhluk mati.
8.
Contoh kalimat definisi yang sesuai dengan isi
teks tersebut adalah …
a.
Benda mati adalah kaca, air, plastik, baja dan
oksigen
b.
Invertebrata adalah hewan yang tidak bertulang
belakang
c.
Kera, tumbuh-tumbuhan dan bunga adalah benda hidup
d.
Vertebrata adalah manusia, burung, anjing,
katak, dll
e.
Tumbuhan berbunga adalah mawar, jagung, dan
tanaman buah.
9.
Bacalah kutipan teks laporan dibawah ini!
Sampah organik adalah sampah yang dapat diuraikan lagi dan mudah membusuk.
Sampah ini biasanya berupa limbah rumah tangga yang mudah membusuk seperti
limbah ternak, daun-daun atau batang pohon yang sudah mati.
Intisari yang sesuai dengan teks
laporan di atas adalah …
a.
Sampah organik adalah sampah yang dapat
diuraikan lagi dan mudah membusuk.
b.
Sampah organik adalah sampah yang tidak mudah
diuraikan.
c.
Sampah organik berupa limbah rumah tangga
d.
Sampah adalah barang ekonomis bernilai guna.
e.
Contoh dari sampah anorganik adalah kaleng dan
plastik
10. … adalah sampah yang sulit diuraikan tidak
bisa hancur dengan alami. Biasanya terdiri dari limbah-limbah bahan kimia yang
tidak mudah diuraikan. Namun bisa didaur ulang yang membuat barang bernilai
guna. Contoh sampah anorganik adalah plastik, wadah, bungkus makanan, dan
lain-lain.
Kata yang sesuai dengan kalimat yang rumpang pada teks di atas adalah …
a.
Sampah organik
b.
Sampak anorganik
c.
Sampah organik dan anorganik
d.
Sampah ekonomis dan terjangkau
e.
Sampah yang bisa diuraikan
11. (1) setiap orang memiliki hobi atau kegemaran,
tetapi tidak setiap orang dapat mengembangkan hobinya dengan baik. (2) banyak
faktor yang menyebabkan orang tidak dapat mengembangkan hobinya. (3) Pertama, kmungkinan
lingkungan tidak mendukung. (4) Sebagai contoh, kita memiliki hobi melukis,
tetapi orang tua tidak menginginkan kita mengembangkan hobi kita itu. (5)
Kedua, dana atau fasilitas pendukung. (6) Kita mempunyai hobi beternak ayam,
tetapi kita tinggal diperkotaan yang padat penduduk. (7) Ketiga, factor lain
yang penting adalah kemauan kita. (8) Apapun kendala yang kita hadapi, apabila
kita memiliki kemauan yang kuat, tidak setengah hati, kita dapat mengatasi
masalah-masalah yang menghambat pengembangan hobi kita.
Tesis pada eksposisi diatas adalah
….
a. Hanya
beberapa orang saja yang memiliki hobi dan kegemaran.
b. Tidak
setiap orang dapat mengembangkan hobinya dengan baik.
c. Faktor
yang menyebabkan seseorang tidak dapat mengembangkan hobinya
d. Lingkungan
dapat menjadi penyebab orang tidak mengembangkan hobinya.
e. Setiap
orang mempunyai hobi, tetapi tidak semuanya dapat mengembangkan hobinya dengan
baik.
12. Bumi saat ini sedang menghadapi berbagai
masalah lingkungan yang serius. Enam masalah lingkungan yang utama tersebut
adalah jumlah penduduk, penipisan sumber daya alam, perubahan iklim global,
kepunahan tumbuhan dan hewan, kerusakan habitat alam, serta peningkatan polusi
dan kemiskinan. Dari hal itu dapat dibayangkan betapa besar kerusakan alam yang
terjadi karena jumlah populasi yang besar, konsumsi sumber daya alam dan polusi
yang meningkat, sedangkan teknologi saat ini belum dapat menyelesaikan
permasalahan tersebut.
Gagasan pokok pada paragraph di atas …
a.
Peningkatan polusi dan kemiskinan diakibatkan
oleh perubahan iklim global.
b.
Bumi saat ini sedang menghadapi berbagai masalah
lingkunganyang serius
c.
Kerusakan alam yang terjadi karena jumlah
populasi yang besar
d.
Enam masalah lingkungan disebabkan oleh ledakan
jumlah penduduk, penipisan sumber daya alam, perubahan iklim global, kepunahan
tumbuhan dan hewan.
e.
Kerusakan habitat alam serta peningkatan polusi
kemiskinan merupakan penyebab kerusakan lingkungan.
13.
Contoh simpulan yang dapat digunakan dalam teks
eksposisi yaitu …
a.
Seharusnya setiap orang tua mendidik anak dengan
sebaik mungkin
b.
Dengan demikian, sebaiknya seluruh siswa
mengikuti kegiatan ekstrakurikuler di sekolah.
c.
Masyarakat yang melakukan kredit memang
seharusnya memikirkan terlebih dahulu secara matang untuk pengajuan kredit yang
akan dilakukan.
d.
Cara memutihkan kulit yang sangat mudah, bukan?
e.
Kini anda tahu mengapa organisasi tersebut
akhirnya dibubarkan oleh pemerintah.
14. Bacalah
teks berikut!
Kementrian
hukum dan hak asasi manusia hingga tanggal 13 Mei 2013 mencatat ada 158.812
narapidana dan tahanan di Indonesia, yang
51.899 orang diantaranya terkait kasus narkoba.
Kalimat di atas termasuk kedalam contoh kalimat …
a.
Fakta
b.
Opini
c.
Argument
d.
Pendapat
e.
Analisa
15.
Bacalah
teks berikut!
(1) Menghadiri
wawancara tanpa terlebih dahulu melakukan penyelidikan hanya akan menambah
kegugupan anda. Untuk itu, pelajari dahulu sebelum melakukan wawancara. (2) Anda
akan merasa lebih percaya diri jika mampu menjawab setiap pertanyaan yang akan
ditanyakan oleh pewawancara. (3) Pelajari segalanya yang perlu diketahui
tentang perusahaan, posisi, dan bahkan industri yang akan anda masuki. (4) Seandainya
anda mendapat pertanyaan yang anda tidak ketahui jawabannya tenang saja,
berhenti mengumpulkan pikiran anda dan jangan takut untuk menanyakan lebih
detail pertanyaan tersebut pada pewawancara. (5) Taktik ini akan memberikan anda
beberapa saat untuk segera memberikan jawaban.
Kalimat
opini dalam teks tersebut terdapat pada nomor …
a.
1
b.
2
c.
3
d.
4
e.
5
16.
Bacalah teks berikut!
Apa yang terjadi apabila manusia bekerja? Seperti
tokoh orang pembuat perahu berasal dari pohon yang besar kemudian tukang
pembuat perahu mereparasi pohon sampai menjadi perahu.
Argument yang tepat untuk pendapat tersebut adalah
…
a.
Manusia harus mampu melakukan pekerjaan dengan
baik
b.
Manusia harus memiliki ketrampilan untuk
menyelesaikan pekerjaan
c.
Dengan bekerja akan mendapatkan uang
d.
Pekerjaan yang baik untuk orang yangbaik juga.
e.
Pekerjaan akan selesai apabila dikerjakan dengan
baik.
17.
Beras oragnik lebih menguntungkan daripada beras
nonorganic. Mutu beras organik lebih sehat, awet dan enak. Selain itu, beras organik
tidak mencemari lingkungan karena tidak menggunakan bahan kimia. Keuntungan
yang didapat petani beras oragnik juga lebih tinggi. Petani beras orgnik
mendapat kuntungan 34% dari biaya produksi, sedangkan petani beras nonorganik
hanya mendapat keuntungan 16% dari biaya produksi. Oleh karena itu, mari kita bertani dengan
cara organik agar lebih menguntungkan dan dapat meningkatkan taraf hidup.
Penegasan ulang pendapat dalam teks tersebut
terdapat dalam kalimat …
a. Beras organik lebih menguntungkan daripada beras nonorganik.
a. Beras organik lebih menguntungkan daripada beras nonorganik.
b. Oleh karena itu, mari kita bertani dengan cara
organik agar lebih menguntungkan dan dapat meningkatkan taraf hidup.
c. Mutu beras organik lebih sehat, awet, dan enak.
d. Selain itu, beras organik tidak mencemari
lingkungan karena tidak menggunakan bahan kimia.
e. Keuntungan yang didapat para petani beras organik
juga lebih tinggi.
18.
Jika penghuni kawasan ASEAN dituntut hanya
berbahasa Inggris, saya percaya bahwa posisi bahasa Indonesia akan bergeser di
negeri … sendiri. Pada saat itu bangsa Indonesia bukanlah pemenang melainkan
pecundang!
Penggunaan pronominal (kata ganti orang) yang
tepat pada kalimat yang rumpang dari paragraph di atas adalah …
a.
Aku
b.
Saya
c.
Kita
d.
Dia
e.
Mereka
Bacalah teks berikut ini untuk soal no. 19 – 20
Bumi saat ini sedang menghadapi
berbagai masalah lingkungan yang serius. Kenyataan ini sangat jelas
menggambarkan kehancuran alam yang terjadi saat ini yang diikuti bencana bagi
manusia.
19.
Kalimat di atas merupakan jenis kalimat …
a.
Kalimat verbal aktif transitif
b.
Kallimat vebal aktif intransitive
c.
Kalimat berpredikat nomina
d.
Kalimat adjectiva
e.
Kalimat nominal
20.
Kata yang bergaris bawah pada teks di atas
merupakan kata berimbuhan jenis …
a.
Verba
b.
Nomina
c.
Adjektiva
d.
Numeralia
e.
Adverbial
21.
Bacalah teks berikut ini untuk menjawab nomor 21
dan 22.
Andi
kehilangan sepeda motor, kemudian melapor ke kantor polisi setempat setelah
tiga bulan berlalu, Andi belum juga mendapat kabar dari kepolisian, akhirnya
Andi memutuskan pergi ke kantor polisi untuk menanyakan nasib motornya. Setelah
sampai di kantor polisi, Andi merasa senang karena mendapat keterangan bahwa
motornya sudah diketemukan. Andi ingin segera membawa pulang motor kesayangan
tersebut.
“ Bolehkah saya membawa pulang motor tersebut, pak?”
Tanya Andi kepada petugas.
“ Boleh Nak, asal kamu tahu diri.” Jawab Petugas.
“ Oh, iya. Saya mengucapkan terimakasih, Pak.”
Sambil berjabat tangan dan menerima surat keterangan. Petugas tersebut
menyerahkan berkas penerimaan dengan berat.
Penyebab kelucuan anekdot tersebut adalah …
a.
Andi kehilangan sepeda motor
b.
Setelah tiga bulan tidak ada kabar dari
kepolisian
c.
Andi mendapat kabar bahwa motornya sudah
ditemukan
d.
Petugas polisi mendapatkan upah ucapan terimakasih
dari Andi
e.
Petugas menyerahkan berkas dengan berat hati.
22.
Makna tersirat yang bisa diambil dari anekdot
tersebut adalah …
a.
Jagalah kemanan barang pribadi anda
b.
Menolong orang yang membutuhkan hendaknya
dilakukan dengan ikhlas, terutama bagi pihak yang berwajib yang sudah
difasilitasi oleh pemerintah.
c.
Pelayanan terhadap masyarakat tidak didapatkan
secara gratis
d.
Jangan memakirkan kendaraan disembarang tempat.
e.
Setiap warga berhak mendapat perlindungan
23.
Cermati kutipan anekdot berikut ini!
Suatu hari, Budi dalam perjalanan pulang
dengan mengendarai sebuah mobil. Saat itu, malam hari dan hujan turun dengan
lebat. Sial bagi Budi, lampu depan mobilnya padam. Karena tidak ada penerangan
yang cukup, Budi mengikuti lampu belakang mobil didepannya. Tiba-tiba mobil
yang diikuti Budi berhenti mendadak dan mengakibatkan Budi menabrak mobil
tersebut.
Budi : “ ini
jelas bukan salah saya, salah kamu yang berhenti mendadak!” (sambil menantang)
Sopir : “
itu jelas salahmu!”
Budi : “ Kok
bisa, jelas-jelas kau yang berhenti mendadak!” (masih dengan mata menantang)
Sopir :
“Kamu kira ini dimana? Disinikan garasi rumahku.”
Nilai didik pada kutipan anekdot tersebut adalah …
a.
Emosi harus terkendali saat menghadapi persoalan
b.
Jangan lekas marah pada orang lain jika belum
tahu persoalan yang sebenarnya.
c.
Semua orang tidak boleh marah
d.
Seorang Sopir yang marah
e.
Budi seorang pemarah
24.
Cermati kutipan teks berikut ini!
Polisi :
“Kemalingan kok beruntung?”
Pelapor : “Iya pak, saya beruntung karena CCTV
merekam dengan jelas. Saya bisa melihat
dengan jelas wajah malingnya.”
Polisi :
“Sudah ijin malingnya untuk merekam?”
Kutipan anekdot tersebut tergolong kedalam …
a.
Abstrak
b.
Orientasi
c.
Reaksi
d.
Krisis
e.
Koda
25.
Bacalah kalimat berikut!
Suatu hari Jarwo dan Jono tengah asyik mengobrol
di warung kopi. Mereka berdua mengobrol tentang perilaku berkendara motor di
Indonesia.
Kata yang termasuk kata kerja aksi adalah …
a.
Suatu hari
b.
Asyik
c.
Mengobrol
d.
Warung kopi
e.
Berkendara
26.
Bacalah kalimat berikut!
Tikus berekor panjang memang ganas, … lebih ganas
tikus berdasi.
Konjungsi yang tepat untuk melengkapi bagian yang
rumpang kalimat tersebut adalah …
a.
Sedangkan
b.
Lalu
c.
Tetapi
d.
Dan
e.
Kemudian
27. Salah satu kaedah dalam teks anekdot adalah
penggunaan waktu lampau.
Berikut yang termasuk penggunaan waktu lampau
adalah …
a.
Pada suatu waktu ada seorang raja bermimpi.
b.
Sekaranglah saatnya belajar membuat anekdot.
c.
Besok ramai-ramai mereka berdemo.
d.
Mengapa semua terjadi?
e.
Anekdot memang perlu dibaca agar memberi nilai
tambah.
28. Bacalah teks anekdot berikut ini untuk
menjawab pertanyaan nomor 8 dan 9!
Pak
guru sedang menjelaskan pentingnya tata aturan lalu lintas untuk keselamatan
dan berhenti karena ada siswa yang terlambat dan pak guru bertanya.
Pak Guru :
“Kenapa kamu terlambat, Andy?”
Andy :
“Maaf Pak, tadi dijalan saya membaca papan peringatan karena itu saya
terlambat.”
Pak Guru :
“Maksud kamu, papan peringatan bagaimana?”
Andy :
“Itu loh Pak yang tulisannya, hati-hati tikungan tajam turunkan kecepatan.”
Struktur abstraksi terdapat pada kalimat …
a.
Pa Guru sedang menjelaskan pentingnya tata
aturan lalulintas untuk keselamatan dan berhenti karena ada siswa terlambat.
b.
Pak Guru : “Kenapa
kamu terlambat, Andy?”
c.
Andy :
“Maaf Pak, tadi dijalan saya membaca papan peringatan karena itu saya
terlambat.”
d.
Pak Guru :
“Maksud kamu, papan peringatan bagaimana?”
e.
Andy :
“Itu loh Pak yang tulisannya, hati-hati tikungan tajam turunkan kecepatan.”
29. Pokok kelucuan dalam teks tersebut adalah …
a. Kenapa
kamu terlambat?”
b. Maaf Pak,
tadi dijalan saya membaca papan peringatan karena itu saya terlambat.
c. Itu
loh Pak yang tulisannya, hati-hati tikungan tajam turunkan kecepatan.
d. Pak guru
sedang menjelaskan pentingnya tata aturan lalu lintas
e. Berhenti
karena ada siswa yang terlambat dan pak guru bertanya.
30.
Bacalah
kalimat berikut ini!
Seorang pengusaha kaya berkunjung kerumah temannya,
sesama bisnisman sukses. Alangkah terkejutnya saat ia mendapatkan sang kawan
sedang mengepel lantai rumahnya.
Konjungsi yang terdapat dalam kutipan tersebut
adalah …
a.
Pengusaha
b.
Berkunjung
c.
Alangkah
d.
Mendapatkan
e.
Sedang
31.
Berikut ini ciri-ciri hikayat, kecuali …
a.
Anonym
b.
Khayal
c.
Logis
d.
Lisan
e.
Istana sentris
32.
Dibawah ini yang termasuk kalimatyang mengandung
nilai social adalah …
a.
“Maka ia pun menyerahkan dirinya kepada
Mahakuasa dan berjalan dengan sekuat-kuatnya.” Mengisyaratkan pesan untuk
pasrah kepada Tuhan setelah berikhtiar dan berusaha.
b.
“Barang siapa yang dapat susu harimau beranak
muda, ialah yang akan menjadi suami tuan Puteri.
c.
“Si kembar menolak dengan mengatakan bahwa dia
adalah hamba yang hina. Tetapi, tuan puteri menerimanya dengan senang hati.”
d.
“Indra Bangsawan berkata susu itu tidak akan
dijual dan hanya akan diberikan kepada orang yang menyediakan pahanya diselit
besi hangat.”
e.
“Maka anakanda baginda yang dua orang itu pun
sampailah usia tujuh tahun dan dititahkan pergi mengaji kepada Mualim Sufian.
Sesudah tahu mengaji kitab usul, fikih, hingga saraf, tafsir sekaliannya
diketahuinya.”
33.
Bacalah
cerita rakyat berikut!
NYAI RORO KIDUL
Cerita rakyat dari Yogyakarta
Konon, Nyai Roro Kidul dulu bernama Kahita. Karena kecantikannya,
dia sering disebut Dewi Srengenge, yang artinya Matahari Jelita. Meskipun sudah
mempunyai puteri yang cantik, Raja Munding Wangi menginginkan anak laki-laki.
Oleh karena itu, dia menikah lagi dengan Dewi Mutiara. Dewi Mutiara akhirnya
mempunyai anak laki-laki dan dia menuntut agar Dewi Kahita diusir. Namun, Raja
Munding Wangi menolaknya. Akhirnya Dewi Mutiara memanggil tukang sihir dan
membuat Dewi Kahita menderita sakit kudis diseluruh tubuhnya dan baunya tidak
enak. Raja Munding Wangi dengan berat hati menyuruh Dewi Kahita pergi dari
istana.
Isi cerita yang sesuai dengan
cerita rakyat di atas adalah …
a. Dewi
Kahita senang memiliki ibu tiri yang baik.
b. Dewi
Mutiara menangis atas kepergian Dewi Kahita.
c. Nyai
Roro Kidul merupakan jelmaan dari Dewi Mutiara yang cantik jelita.
d. Raja
Munding Wangi menikahkan Dewi Kahita dengan Pangeran dari kerajaan lain.
e. Dewi
Mutiara memanggil tukang sihir dan membuat Dewi Kahita menderita sakit kudis
diseluruh tubuhnya.
34. Bacalah
penggalan teks cerita pendek dan cerita rakyat di bawah ini dengan cermat!
Teks 1
Setelah bertemu denganmu aku
tidak polos lagi, tetapi aku tidak bisa menuduhmu mencuri. Tidak ada bukti.
Tidak ada saksi. Hanya Tuhan saja yang tahu bagaimana kamu menarik hatiku
hingga aku tidak memilikinya lagi. Orang yang tidak memiliki hati pasti dia
bukan manusa lagi. Tapi, entahlah. Setelah hatiku kau curi, aku malah jadi
lebih manusiawi. Aku sangat percaya Tuhan Maha Mengetahui segalanya dan aku
sangatlah yakin. Aku sedang membangun mimpi mengenai suatu negeri ketika kamu
datang.
Teks 2
Setelah mengandung selama dua
puluh tahun Putri Raksa Gandi melahirkan Rawana. Ketika ia berumur dua belas
tahun ia memiliki kekuatan luar biasa sehingga banyak teman bermainnya mati
dipukulnya. Para orang tua mengadukan hal ini pada kakeknya, Bermaraja, yang
memutuskan untuk membuang cucunya itu. sebelumnya ia meminta kerelaan Ayah
Rawana, Citrabaha. Maka Citrabaha menjawab, “Ya, Tuanku Syah Alam, jangankan
seperti Rawana yang segumpal darah itu, jikalau ada lagi seribu kian sekalipun,
jikalau dikehendaki oleh Syah Alam. Patik persembahkan juga kebawah duli Syah
Alam.”
Perbedaan nilai-nilai yang
terkandung dari kedua teks di atas adalah …
a. Teks
pertama mengandung nilai budaya sedangkan teks kedua mengandung nilai moral.
b. Teks
pertama banyak mengandung nilai social sedangkan teks kedua mengandung nilai
agama.
c. Teks
pertama mengandung nilai agama sedangkan teks kedua mengandung nilai moral.
d. Teks
pertama mengandung nilai sosial sedangkan teks kedua mengandung nilai moral.
e. Teks
pertama mengandung nilai agama sedangkan teks kedua mengandung nilai budaya.
35. (1)
Pada suatu hari, Sri Baginda dan Pangeran pergi mencari Permaisuri. (2) Mereka
menelusuri kota besar dan indah namun tidak ada kabar mengenai Permaisuri. (3)
Ketika berjalan ditengah kota mereka bertemu dengan seorang peramal. (4) Lalu
Sri Baginda bertanya kepada peramal tersebut tentang keberadaan Permaisur yang
diculik. (5) Peramal mengatakan bahwa Sri Baginda tidak bisa menjaga Permaisuri
dengan baik, pilih kasih terhadap istri-istri yang lain.
Bukti latar tempat terdapat
pada nomor?
a. (1)
b. (2)
c. (3)
d. (4)
e. (5)
36. Cermati
kalimat berikut!
Sulit sekali menemukan kekurangan pada buku ini. Semua unsur yang
seharusnya dimiliki sebuah karya fiksi terpenuhi dalam buku ini.
Kalimat di atas merupakan
bagian dari …
a. Kelemahan
buku
b. Keunggulan
buku
c. Kualitas
buku
d. Ketebalan
buku
e. Harga
buku
37. Bacalah
kutipan cerita rakyat berikut!
Kedatangan si Kulup di desanya terdengar oleh kedua orang
tuanya. Sangatlah rindu kedua orang tuanya, terlebih lagi emaknya. Emaknya
menyiapkan makanan kesukaan si Kulup, seperti ketupat, rebus belut, panggang
ayam, dan sebagainya. Kedua orang tuanya datang ke kapal sambil membawa makanan
kesukaan anaknya. Sesampainya di kapal kedua orang tua itu mencari anaknya si
Kulup. Si Kulup sudah menjadi saudagar kaya, melihat kedua orang tuanya ia
merasa malu. Maka diusirlah kedua orang tuanya. Buah tangan yang dibawa emaknya
pun dibuang.
Tema cerita rakyat diatas
adalah …
a. Kedurhakaan
seorang anak kepada orang tua
b. Dendam
yang tidak terbalas
c. Cinta
tak sampai
d. Cinta
anak sepenggalan
e. Kasih
sayang orang tua
38. Bacalah teks cerita rakyat dibwah ini
dengan cermat!
Kabayan
Di sebuah kampung ditepi
hutan tinggalah kabayan yang cerdik. Pada suatu hari, Kabayan menunjukan
keahliannya sebagai orang yang mampu menguasai bahasa burung. Hal itu diketahui
kepala kampung. Kemudian kepala kampung membawa kabayan berburu ke hutan. Di
hutan, mereka melihat pohon yang tumbang dan seekor burung hantu membangun
sarang di atasnya. Bertanyalah kepala kampung kepada Kabayan, “Coba beritahu
aku apa yang diutarakan burung hantu itu?”
“Ia bilang“, kata Kabayan. “Jika kepala Kampung tidak berhenti
menyusahkan warganya, kekuasaannya akan segera tumbang seperti pohonku ini.”
Kepala Kampungpun merah padam mukanya menahan marah dan malu …
Kalimat yang sesuai untuk melanjutkan
cerita teks yang rumpang di atas adalah …
a. Kabayan
adalah warga yang sangat cerdik dan tidak bisa dibodohi
b. Kepala
Kampung ikut berbahagia dengan cerita Kabayan.
c. Kepala
Kampung merah padam memendam dendam yang membara.
d. Akhirnya
dia pergi dan meninggalkan Kabayan begitu saja.
e. Akhirnya
Kabayan dan Kepala Kampung saling berjabat tangan.
39. Dalam
mengomentari sebuah buku, baik buku fiksi maupun nonfiksi dapat didasarkan
pada, kecuali …
a. Judul
buku
b. Isi
buku
c. Penyajian
buku
d. Pengarang
buku
e. Penggunaan
bahasa
40. Cara pertama menyusun ringkasan buku nonfiksi
adalah, kecuali …
a. Menemukan
unsur-unsur pendahuluan
b. Menulis
ulang ringkasan buku nonfiksi
c. Menemukan
pernyataan–pernyataan penting dari buku.
d. Menemukan
permasalahan umum dalam buku
e. Menemukan
isi pembicaraan dalam buku.
II.
URAIAN
41. Apa
yang dimaksud dengan teks laporan observasi?
42. Bacalah
teks berikut!
Pisang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh manusia.
Hal tersebut dapat didapat, baik dengan mengonsumsinya langsung, maupoun dengan
proses pengolahan lebih lanjut. Semestinya saat memanen buah pisang, bagian
pisang yang lainya juga dimanfaatkan untuk dikonsumsi. Dengan mengetahui
manfaat dan cara pengolahannya, masyarakat dapat memanfaatkan untuk pribadi
atau menjadikannya lahan usaha.
Tuliskan struktur teks laporan
yang membangun teks tersebut!
43. Cermati
paragraph berikut!
Anton siswa SMK kelas X yang baru saja berusia 15 tahun. Dia
berangkat kesekolah naik sepeda motor. Karena belum cukup umur, dia ditilang
polisi. Dia tidak membawa SIM, STNK-nya tertinggal, serta tidak memakai helm.
Kejadian ini diceritakan Anton kepada Guru dan teman-temannya. Temannya
mengatakan padanya bahwa pada kasus itu Antonlah yang bersalah. Namun, Anton tersinggung
karena merasa tidak ada yang membelanya.
Berilah komentar bagaimana
seharusnya sikap Anton!
44. Ubahlah
penyajian anekdot Aksi Maling Tertangkap CCTV dari bentuk dialog kedalam bentuk
narasi!
AKSI MALING TERTANGKAP CCTV
Seorang warga melapor kemalingan.
Pelapor : “ Pak, saya kemalingan.”
Polisis : “Kemalingan apa?”
Pelapor : “Mobil, Pak. Tapi saya beruntung Pak …”
Polisi : “Kemalingan kok beruntung?”
Pelapor : “ Iya pak, saya beruntung karena CCTV merekam dengan jelas
wajah malingnya.”
Polisi : “Sudah ijin malingnya untuk merekam
Pelapor : “Belum …” (Sambil menatap polisi dengan penuh keheranan).
Polisi : “Itu illegal. Anda saya tangkap.”
Pelapor : (hanya bisa pasrah tak berdaya).
45. Tentukan
latar suasana, waktu dan tempat dari teks hikayat berikut ini!
HIKAYAT PANJI SEMIRANG
Alkisah pada zaman dahulu hiduplah
seorang raja di Tanah Jawa yang merupakan empat bersaudara. Yang tua menjadi
raja di Kahuripan, yang muda menjadi raja di Daha, yang tengah menjadi raja di
Gegelang, dan yang bungsu menjadi raja di Singasari. Empat orang bersaudara itu
sangat menyayangi satu sama lain. Negeri tempat mereka tinggal sangat ramai dan
termasyur. Banyak pedagang asing yang masuk untuk berniaga di dalam negeri itu.
Bermula dari seorang yang bernama Nata
Kuripan dengan selirnya yang bernama Paduka Mahadewi. Mereka memiliki anak
laki-laki yang sangat tampan rupanya. Dari wajahnya sudah terlihat jejak-jejak
keagungan dari Ayahnya. Maka, diberinya inang pengasuh serta tanah di Karang
Banjar Ketapang. Orang-orang menyebut anak tersebut dengan sebutan Raden Banjar
Ketapang.
Permaisuri Kuripan yang mengetahui itu,
juga ingin mempunyai anak laki-laki yang baik parasnya. Iapun mendiskusikannya
dengan suaminya. Setelah beberapa lama, mereka memutuskan untuk menyembah
segala dewa-dewa selama 40 hari 40 malam agar keinginannya dikabulkan.
(Soal dari Dinas Pendidikan Jawa Barat)
ga ada jaawaban nya kontol
BalasHapus