PENILAIAN
AKHIR SEMESTER (PAS)
SEKOLAH
MENENGAH PERTAMA (SMP)
Tahun
Pelajaran 2018/2019
LEMBAR
SOAL KURIKULUM 2016 (KTSP)
MATA PELAJARAN : BAHASA INDONESIA
KELAS :
IX / 1
A. PILIHAN
GANDA
Perhatikan penggalan dialog interaktif berikut untuk
mengerjakan soal nomor 1-4!
Pembawa acara :
“Selamat pagi pemirsa! Jumpa lagi
dengan saya Febrianti.”
“Kita mengetahui bahwa banyak
banyak orang yang menjadi pecandu rokok, bahkan ironisnya anak-anak dibawah
umur pun bisa mengikuti langkah kedua orang tuanya untuk menjadi pecandu
rokok. Maka hari ini kami akan mengundang Menteri kesehatan, Prof. Dr. dr.
Nila Djuwita F Meoloek, Sp.M.”
Pembawa acara :
“Baik, bu. Saya ingin bertanya.
Ibu Menteri, apakah seorang pecandu rokok dapat mempercepat kematian dirinya
sendiri?”
Ibu Menteri :
“Dalam agama pasti semua makhluk
hidup semua akan meninggal jika itu dikehendaki oleh Sang Pencipta. Tetapi
dalam ilmu ilmiah sendiri, rokok dapat mempengaruhi kesehatan juga dapat
membunuh separuh dari masa hidup sang pecandu/perokok sendiri.”
Pembawa acara :
“Wah! Banyak sekali ya, Bu. Saya
tidak bisa membayangkannya. Lalu apakah akibat dari terus menerus menjadi
pencandu rokok? Mungkin ibu bisa menjelaskannya.”
Ibu Menteri :
“Ya rokok dapat menyebabkan
berbagai penyakit tidak menular seperti jantung, gangguan pembuluh darah,
stroke, kanker paru-paru, kanker mulut dan kanker tenggorokan.”
Ibu Menteri :
“Selain itu, terganggunya
pertumbuhan janin, fisik dan IQ yang melambat, kejang pada kehamilan, gangguan
imunitas bayi.”
Pembawa Acara :
“Ibu Menteri mohon berikan
sedikit pesan kepada kami para remaja.”
Ibu Menteri :
“Ya, ada sedikit dari saya. Buat
para anak-anak yang masih dalam waktu rentan pengaruh lingkungan diharapkan
untuk menjaga diri baik-baik. Bergaul dengan teman yang beretika dan
berperilaku baik, rajin belajar dan menuruti nasehat orang tua.”
“Hampir seluruh orang tua tidak
mungkin menjerumuskan anaknya ke dalam lubang buaya apalagi kematian.
Berhentilah merokok. Anda tahu bahwa merokok itu menimbulkan dampak berbahaya
bagi kesehatan. Kalaupun susah untuk berhenti, tetap lakukan karena ini juga
untuk kepentingan Anda sendiri.”
|
1.
Tema dialog interaktif tersebut adalah …
a.
Bahaya merokok
b.
Berhentilah merokok
c.
Merokok menimbulkan dampak bagi kesehatan
d.
Rokok mengakibatkan perokok yang menderita
kanker.
2.
Kesimpulan dari dialog interaktif tersebut
adalah …
a.
Rokok dapat mempengaruhi kesehatan juga juga
dapat membunuh separuh dari masa hidup sang pecandu/perokok sendiri.
b.
Rokok membuat perokok menjadi tak sadarkan diri.
c.
Rokok menjadi penenang jiwa
d.
Rokok membahayakan
3.
Salah satu bahaya merokok menurut pendapat
Menteri Kesehatan terdapat dibawah ini, kecuali …
a.
Dapat menyebabkan terganggunya pertumbuhan
janin, fisik dan IQ yang melambat.
b.
Dapat menyebabkan gangguan pembuluh darah,
stroke, berbagai jenis kanker.
c.
Dapat menyebabkan mudah capek, ngantuk dan malas
belajar.
d.
Dapat menyebabkan berbagai penyakt tidak
menular.
4.
Komentar yang tepat berdasarkan dialog
interaktif tersebut adalah …
a.
Menurut pendapatku, jauhi rokok.
b.
Menurut pendapat saya, Rokok itu sangat
berbahaya.
c.
Saya sangat setuju jika pabrik rokok ditutup.
d.
Menanggapi pendapat ibu Menteri tentang bahaya
rokok, kita harus memilih lingkungan yang baik dan menjaga diri agar tidak
tepengaruh dengan rokok.
5.
Kalimat yang menunjukkan kelebihan karya seni
adalah …
a.
Ukiran di dinding itu terlihat sangat tidak
menarik.
b.
Hal yang diungkapkan dalam lukisan benar-benar
tampak nyata.
c.
Bentuk badan patung tidak seimbang dengan tangan
dan kaki patung.
d.
Makna yang terdapat dalam lukisan tidak dapat dirasakan
oleh penikmat seni.
6.
Pernyataan berikut yang merupakan kritik
terhadap karya sastra adalah …
a.
Puisi karya Rendra benar-benar menyentuh hati.
b.
Pementasan drama oleh teater Mawar benar-benar
memukau hati.
c.
Perpaduan musik dan pembacaan puisi oleh
kerlompok seni begitu indah.
d.
Novel itu ceritanya sangat bagus. Namun,
karakter dari tiap-tiap tokoh kurang menonjol.
7.
Perhatikan urutan laporan yang tesusun acak
berikut!
(1)
(1). Kelompok kami bertugas mengamati pasar
tradisional.
(2)
Barang yang dijual diantaranya sayur-sayuran,
beras, ikan, bumbu dapur, sembako dan masih banyak lagi.
(3)
Hari ini kami diberi tugas oleh guru untuk
melakukan pengamatan.
(4)
Hasil dari pengamatan dilaporkan di depan
kelas.
(5)
Di dalam pasar tradisional itu, kami
mengidentifikasikan sejumlah barang yang siap dijual
|
Susunan laporan yang tepat berdasarkan
kalimat-kalimat tesebut adalah …
a.
(3), (1),
(4), (2), (5)
b.
(3), (1), (2), (5), (4)
c.
(3), (2), (4), (5), (1)
d.
(3), (1), (2), (5), (4)
8.
Bacalah teks berikut !
Pukul 05:30 kami berangkat dengan
iringan8 (delapan) kendaraan. Sampai di Yogyakarta pukul 13:00. Setibanya
disana kami langsung mengadakan kunjungan kekeraton, alun-alun dan jalan
Maliboro. Kemudian kami istirahat untuk mempersiapkan diri mengikuti kegiatan
diesok harinya.
|
Teks laporan
tersebut berjenis …
a.
Laporan perjalanan
b.
Laporan kegiatan
c.
Laporan peristiwa
d.
Laporan ilmiah
Perhatikan iklan baris berikut ini, untuk
menjawab soal no. 9 dan 10!
Djl rumah (1). L.T 300m (2), ltk strategis (3),
bebas banjir (4), harga terjangkau (5), Hub Danu (6)
|
9.
Bagian iklan baris yang merupakan fakta ditandai
dengan nomor …
a.
(1), (2), (3)
b.
(2), (3), (6)
c.
(1), (2), (6)
d.
(1), (5), (6)
10.
Bagian iklan baris yang merupakan opini ditandai
dengan nomor …
a.
(3), (4), (5)
b.
(3), (5), (6)
c.
(4), (5), (6)
d.
(5), (6), (1)
Perhatikan
daftar indeks berikut untuk menjawab soal nomor 11 dan 12!
K
Kesatuapaduan, 27
Keseperhidupan, 77
Klimaks, 245
Komik, 33, 409
|
L
Linguistic, 59
Lafal, 676
Label, 426, 428
|
11.
Informasi tentang komik dapat kamu peroleh pada
halaman …
a.
409 dan 309
b.
345 dan 409
c.
33 dan 409
d.
35 dan 409
12.
Infromasi yang tepat berdasarkan daftar indeks
tersebut adalah …
a.
Linguistik dapat kita temukan pada halaman 426.
b.
Klimaks dapat kita temukan pada halaman 245
c.
Kesatupaduan dapat kita temukan pada halaman 248
d.
Label dapat kita temukan pada halaman 425 dan
427
13.
Perhatikan teks iklan baris berikut!
DIBUT
GUDANG Tertutup Utk Jan 2019. Ls 50 x 50 m, Lantai berkekuatan 6 ton/m.
Penawaran Fax ke 021-845734561
|
Iklan tersebut berisikan tentang …
a.
Penjualan gudang
b.
Peresmian gudang
c.
Pembangunan gudang
d.
Membutuhkan gudang
14.
Berikut makna singkatan yang tidak benar pada
iklan adalah …
a.
Dibut : dibutuhkan
b.
Utk : untuk
c.
Drh : diraih
d.
Ls : luas
15.
Perhatikan teks berikut, untuk menjawab soal
nomor 15!
Novel ini membuka
nuansa baru pada zamannya, Sultan Takdir Alisyahbana membawa pembaharuan
dibidang masalah yang diungkapkan. Wanita zaman sebelumnya adalah pengabdi
dalam keluarga yang bertanggung jawab kepada rumah tangga, alias penunggu
rumah. Namun Sultan Takdir Aisyahbana menampilkan kedudukan wanita setara
dengan pria berkerja aktif di luar rumah dan memajukan kaumnya yang
diwakilkan tokoh Tuti. Tokoh ini sebagai teladan dimasa sekarang dan para
pelajar (tokoh masa depan).
|
Berdasarkan data buku tersebut jika disusun sebagai
kalimat resensi tentang keunggulan novel adalah …
a.
Wajarlah novel layar terkembang wajib dbaca oleh
siswa
b.
Memang masih jarang novel yang membahas
emansipasi wanita
c.
Sultan Takdir Alisyahbana seorang yang ahli
mengemukakan permasalahan dunia pendidikan.
d.
Memang sepantasnya novel ini mendapat
penghargaan dari dunia pendidikan kerena membahas tentang perjuangan emansipasi
wanita.
Cermati kutipan
resensi berikut ini!
Judul buku : Laskar Pelangi
Pengarang : Andrea Hirata
Penerbit : Bentang Pustaka, Yogyakarta.
Keunggulan :
Hubungan antara
satu bagian dan bagian lain harmonis dan dapat menimbulkan rasa penasaran
pembaca.
Kelemahan :
Penggunaan
nama-nama ilmiah dalam ceritanya dapat menghambat imajinasi pembaca yang
kurang paham dengan kata tersebut.
|
16.
Paragraph yang tepat untuk menggambarkan
kelebihan dan kelemahan buku berdasarkan data buku tersebut adalah …
a.
Laskar pelangi merupakan buku pertama dari
tetralogy Laskar Pelangi / gabungan dari 4 karya berbeda, buku kedua Sang
Pemimpi berikutnya Edensor dan Maryamah Karpov. Buku ini diterbitkan oleh
Bentang Pustaka, Yogyakarta.
b.
Keunggulan buku ini adalah hubungan antara satu
bagian dan bagian lain yang harmonis dan dapat menimbulkan rasa penasaran
pembaca. Oleh karena itu, buku ini laris dipasaran.
c.
Selain menarik, kelebihan buku Laskar Pelangi memiliki
hubungan harmonis antara satu bagian dan bagian lain dan dapat menimbulkan rasa
penasaran pembaca. Akan tetapi, penggunaan nama-nama ilmiah dalam ceritanya
dapat menghambat imajinasi pembaca yang kurang paham dengan kata tersebut.
d.
Kelemahannya adalah penggunaan nama-nama ilmiah
dalam ceritanya dapat menghambat imajinasi pembaca yang kurang paham dengan
kata tersebut sehingga pembaca akan lebih repot karena harus membuka halaman
glosarium jika ingin tahu artinya.
Cermati kutipan resensi berikut
ini untuk soal nomor 17 dan 18!
(1)
Buku yang berjudul matinya media ; Perjuangan
menyelamatkan demokrasi disunting oleh Dany. (2) Buku tersebut mengulas
perkemabangan media massa yang mulai mengancam masa depan demokrasi. (3)
Sampul buku tersebut berwarna biru tua. (4) Namun, bahasa yang digunakan
masih terlalu sulit dipahami.
|
17.
Kutipan isi buku terdapat pada kalimat nomor …
a.
1)
b.
2)
c.
3)
d.
4)
18.
Menurut pendapatmu, yang merupakan kelemahan
dari buku tersebut terdapat pada kalimat nomor …
a.
1)
b.
2)
c.
3)
d.
4)
19.
Cermati kutipan resensi berikut ini!
Judul : Berguru
Sukses pada Para Motivator Dunia
Penulis : Eltaris Nestari
Penerbit : Pinang Merah Publisher
Tebal buku : 125 halaman
Keunggulan :
Memotivasi supaya hidup
mendjai sukses, menceritakan kisah orang-orang sukses, bahasa mudah dipahami.
Kelemahan :
Sampul bukunya
terlalu tipis, ilustrasi gambarnya kurang.
|
Paragraf resensi yang tepat berdasarkan ilustrasi
tersebut adalah …
a. Buku
ini memotifasi pembaca supaya hidup menjadi sukses. Selain itu juga dilengkapi
dengan kisah orang-orang sukses. Bahasa yang digunakan mudah dipahami. Hanya sayang,
sampul bukunya sangat tipis dan ilustrasi gambarnya kurang, meskipun begitu
buku ini layak dibaca.
e.
Tujuan penulis buku ingin membuat pembaca
termotivasi untuk meraih kehidupan yang sukses di masa depan. Siapapun yang
membaca buku ini akan termotivasi karena buku ini dilengkapi kisah orang-orang
yang sukses dibidangnya.
f.
Pembaca diigiring untuk mencapai kehdupan yang
sukses. Buku ini juga dilengkapi dengan ilustrasi gambar yang menarik. Hanya
sangat disayangkan, penggunaan bahasanya berbelit-belit sehingga sulit dipahami
pembaca.
g.
Buku ini secara garis besar menjelaskan
bagaimana menjadi orang yang sukses dalam kehidupan. Buku ini sangat disarankan
dibaca oleh mereka yang ingin hidup sukses. Selain itu, buku ini juga
dilengkapi dengan ilustrasi gambar.
20.
Perhatikan teks berikut!
(1) Kegiatan
pramuka diadakan pada hari sabtu pukul 08:00. (2) Kegiatan pramuka ini
dimulai dengan upacara pembukaan. (3) upacara dilakukan di halaman sekolah.
(4) Setelah upacara, anggota pramuka kembali ke kelas untuk mendapat
pengarahan dari Pembina pramuka.
|
Kalimat yang terdapat kesalahan penulisan ejaan adalah
kalimat bernomor …
a.
1
b.
2
c.
3
d.
4
21.
Perhatikan teks berikut!
Jadwal kedatangan
kereta api bima dari jakarta dimundurkan satu jam. penumpang yang datang
lebih cepat kestasiun gambir merasa kecewa.
|
Perbaikan penggunaan huruf capital pada paragraph
tersebut adalah …
a.
Jadwal kedatangan kereta api bima dari jakarta
dimundurkan satu jam. Penumpang yang datang lebih cepat kestasiun gambir merasa
kecewa.
b.
Jadwal kedatangan kereta api Bima dari Jakarta
dimundurkan satu jam. Penumpang yang datang lebih cepat kestasiun Gambir merasa
kecewa.
c.
Jadwal kedatangan kereta api Bima dari Jakarta
dimundurkan satu Jam. Penumpang yang datang lebih cepat kestasiun gambir merasa
kecewa.
d.
Jadwal kedatangan kereta api Bima dari jakarta
dimundurkan satu jam. Penumpang yang datang lebih cepat kestasiun Gambir merasa
kecewa.
22.
Perhatikan syair berikut!
Duka
Palu dan Donggala
Belum lagi kering air mata ini
Belum lagi hilang rasa sedih ini
Duka kembali menghampiri
Di bumi pertiwi ini
Air mata tak lagi kuasa tertahan
Rintihan menyayat dan tertahan
Rasa ingin berlari namun terasa beban
Terlihat banyak yang sudah terkapar
dan
Terbungkus kafan
|
Tema syair tersebut adalah …
a.
Rintihan menyayat dan tertahan
b.
Belum lagi kering air mata ini
c.
Air mata tak lagi kuasa tertahan
d.
Duka di Palu dan Donggala
23.
Perhatikan syair berikut!
Dukamu adalah duka kita
semua
Ulurkan tangan
ringakan duka
Hapus air mata
sirna nestapa
Masa depan didepan
mata
Wahai pemuda dan
pemudi
Kita semua
bersaudara tanpa terkecuali
Mari membantu untuk
ibu pertiwi
Indonesia bangkit
dan berseri
|
Pesan dari syair tersebut adalah …
a.
Tetap berduka
b.
Hapus air mata
c.
Saling mambantu untuk ibu pertiwi
d.
Pemuda dan pemudi
24.
Yang merupakan salah satu dari syarat syair
adalah …
a.
Bersajak aabb
b.
Bersajak aa aa
c.
Beris pertama dan kedua sampiran
d.
Semua barisnya adalah sampiran
25.
Perhatikan syair berikut!
Ada Tilgram Tiba Senja
Ada podang pulang
ke sarang
Tembangnya panjang
berulang-ulang
Pulang ya pulang,
hai petualang!
Ketapang. Ketapang
yang kembang
Berumpun di perigi
tua
Anakku datang
anakku pulang
Kembali kucium,
kembali kuraba
|
Suasana yang tergambar pada puisi tersebut adalah …
a.
Gembira
b.
Sedih
c.
Bangga
d.
Duka
26.
Bacalah teks cerpen berikut!
Rama, namanya
begitu terkenal dikampungnya. Dia memang ganteng ditambah lagi dengan
senyuman yang selalu mengembang dibibirnya. Dia lebih terkenal lagi karena
kepiwaiannya dalam membudidayakan tanaman organik.
|
Kutipan teks tersebut merupakan alur bagian …
a.
Peleraian
b.
Pertikaian
c.
Perkenalan
d.
Permasalahan
27.
Perhatikan puisi berikut!
Bertekuk lutut aku dihadapanMu
Air mata tak kuasa menetes dengan derasnya
Teringat akan dosa dan alfa
Hingga kusemakin terkulai karena nista
Kalaupun ajal kan menjemputku
Kuserahkan semua padaMu
Kuingin berada di syurgaMu
Syurga firdausMu
|
Suasana yang dapat tergambar dari puisi
tersebut adalah …
a. Takut
b. Marah
c. Berserah
diri
d. Sedih
28.
Perhatikan larik puisi berikut!
Cemara berderai
sampai jauh
Terasa hari akan
malam
Ada beberapa dahan
ditingkah merapuh
Dipukul angin
terpendam
|
Jika bait tersebut dimusikalisasi, maka musik yang
cocok untuk mengiringi puisi itu adalah yang menunjukkan suasana …
a.
Riang
b.
Syahdu
c.
Hening
d.
Haru
Bacalah penggalan cerpen berikut, untuk menjawab soal nomor 29-31!
Hari ini hujan deras datang
seharian lamanya. Aku melihat keluar jendela dan menyaksikan genangan air
mulai terbentuk dengan cukup tinggi. Kulihat Ayah dan Ibu sudah mulai membereskan
barang-barang dan mengangkatnya satu sama lain dengan posisi menumpuk. Hal
ini sudah biasa terjadi dilingkungan tempat tinggalku. Setiap hujan datang,
kami sudah tahu untuk mempersiapkan diri dari datangnya banjir.
Sesekali Ayah juga ikut
memeriksa ketinggian air diluar rumah melalui jendela. Kemudian Ayah berkata
“Bahaya ini. Jika hujan masih terus deras seperti ini, sebentar lagi pasti air
masuk ke dalam rumah.” Aku melihat wajah Ayah yang lebih khawatir dari
biasanya, perasaanku menjadi tidak tenang. Aku memutuskan untuk ikut membantu
Ibu membereskan barang-barang untuk menghindari resiko terendam banjir.
|
29.
Tema dari cerpen tersebut adalah …
a.
Genangan air
b.
Musim kemarau
c.
Musim hujan
d.
Siaga banjir
30.
Latar tempat penggalan cerpen tersebut adalah …
a.
Sekolah
b.
Sungai
c.
Pasar
d.
Rumah
31.
Dari penggalan cerpen tersebut, dapat diketahui
watak “Aku” adalah …
a.
Acuh
b.
Suka membantu
c.
Penakut
d.
Pemalu
32.
Bacalah
penggalan cerpen berikut!
“Dengarkan aku Tin!
Jodoh adalah rahasia Tuhan! Jangan berputus asa apalagi untuk meratapiNya.
Yang tebaik, selalu, diberikan pada hambaNya. Jangan risau!” Nasehat Mira.
“Tapi Mir …”
“eits, jangan
tapi-tapian. Yakinlah. Yakini dengan imanmu yang mantap!”
|
Amanat yang terdapat dalam kutipan cerpen tersebut
adalah …
a.
Jodoh harus dikejar!
b.
Jodoh itu jangan dicari-cari
c.
Mencari jodoh dengan sepenuh hati
d.
Tugas kita hanyalah berusaha, biarkan Allah yang
menentukan jodoh terbaik untuk kita.
33.
Bacalah penggalan cerpen berikut ini!
Cerpen 1
Adikku, kania
menumpahkan susunya sehingga hampir semua bukuku terkena. Bukan main marahku.
Seolah-olah hendak kupukul Kania adikku itu karena amarah. “Ratih, ambil air
sembahyang ….,” kata Ayah.
Dengan hati yang
kesal aku berjalan ke kamar mandi dan berwudhu. Air yang dingin itu sejuk
menyirami tanganku, mukaku, telingaku. Amarahku seolah-olah tersapu bersih
dan dalam ketenangan aku merasa terlanjut telah marah-marah. Aku iba hati
melihat kania sendiri membenahi meja yang porak poranda.
|
Cerita 2
Pada suatu pagi,
Kakek dan Nenek Chen bersiap-siap berangkat ke hutan. Nenek tak lupa membawa
bekal untuk makan siang mereka di hutan. Ketika sudah tiba di hutan, mereka
melihat anak burung merpati putih menggelepar di tanah. Rupanya anak burung
itu terjatuh dari pohon “Aduh, kasihan sekali anak burung ini,” kata Nenek
sambil mengangkat merpati itu. “Kita rawat saja ya Kek.” Ujar Nenek, Kakek
Chen mengangguk setuju. Sore harinya setiba dirumah, Nenek memberi makanan
dan meletakannya diatas kain perca di dalam kardus. Setelah beberapa minggu, akhirnya
burung itu sembuh dan mulai terbang. Nenek amat gembira. Lihat Kek, anak
burungnya sudah sehat! Dia pasti mampu terbang kembali ke hutan!”
|
Perbedaan nilai moral pada kedua teks tersebut adalah
…
a.
Teks 1 : air wudhu dapat menyiram amarah
Teks 2 : rawatlah hewan yang sakit
b.
Teks 1 : mintalah maaf jika berbuat salah
Teks 2 : rawatlah makhluk ciptan Tuhan
c.
Teks 1 : maafkan kesalahan tidak disengaja
Teks 2 : mengasihani makhluk ciptaan Tuhan
d.
Teks 1 : marah tidak menyelesaikan masalah
Teks 2 : peduli pada makhluk ciptaan Tuhan
34.
Bacalah
penggalan cerpen berikut!
O, alangkah
girangnya Mawar mendapatkan tas baru dari ibunya untuk sdekolah, tas cantik
bekas pakai. Lihatlah betapa gembiranya gadis kecil itu. dipeluknya bungkusan
dengan erat, seakan takut barang itu lepas daripadanya.
Diciumnya dan timang-timangnya.
Senandung kecil terdengar dari mulutnya yang mungil …
|
Kesimpulan dari cerita cerpen tersebut adalah …
a.
Menghargai pemberian orang lain.
b.
Jangan mau diberi barang bekas pakai.
c.
Bersedih karena pemberiannya bekas pakai.
d.
Mendekap erat pemberian orang lain.
35.
Bacalah teks berikut!
Hasil laut seperti
karang, teripang, dan kepiting merupakan komoditas ekspor. Oleh karena itu,
para nelayan kita harus pandai-pandai dalam membudidayakan dan memanen hasil
laut tersebut, jangan sampai hasil laut dari luar negeri masuk ke Indonesia.
Para generasi muda hendaknya ikut memikirkan pembangunan kelautan. Janganlah
berpandangan bahwa laut adalah sesuatu yang menakutkan.
|
Ide pokok dari paragraph tersebut adalah …
a.
laut adalah sahabat sejati manusia
b.
hasil laut merupakan komoditas ekspor
c.
budi daya kelautan perlu diajarkan sejak dini
d.
alut dan isinya perlu diadakan pembangunan
36.
bacalah teks berikut!
Memainkan alat musik
gitar tidaklah mudah. Dibutuhkan harmonisasi perasaan dan teknik sehingga
tercipta alunan nada merdu. Selain itu, diperlukan ketrampilan jari-jemari
untuk memetik tali gitar seperti pada harpa.
|
Ide pokok dari paragraph tersebut adalah …
a.
teknik memainkan gitar
b.
memainkan gitar itu sulit
c.
memainkan gitar itu tidak sulit
d.
ciri-ciri alat musik gitar
37.
bacalah teks berikut!
Penduduk desa
Makmur mulai berkarya (1) disawah. Mereka akan menumbuhkan (2) padi. Karena
musim penghujan sudah hadir (3). Mereka berharap panen tahun ini lebih baik.
|
Perhatikan pilihan kata pada paragraph tersebut adalah
…
a.
membajak, menanam, datang
b.
membajak, ditanam, datang
c.
membajak, bertanam, ada
d.
membajak, menanamkan, ada
38.
bacalah teks berikut!
1.
Menulis judul cerita, 2. Mendata pengalaman
yang pernah dialami, 3. Merinci peristiwa yang mengandung konflik. 4. Memilih
pengalaman yang paling berkesan. 5. Menyusun peristiwa-peristiwa yang sudah
dirinci menjadi jalan cerita. 6. Mengembangkan jalan cerita menjaad cerpen.
|
Urutan yang tepat menulis cerpen berdasarkan peristiwa
nyata yang pernah dialami adalah …
a.
2, 4, 3, 5, 6, 1
b.
2, 4, 5, 6, 3, 1
c.
1, 2, 4, 3, 5, 6
d.
1, 2, 3, 4, 5, 6
39.
Bacalah penggalan cerpen berikut!
Dengan hati-hati
puluhan jangkrik unggul itu di lepas. Aku tidak mengerti mengapa makhluk yang
diburu diseluruh pelosok desa itu dilepas, padahal mereka telah mengeluarkan
uang cukup banyak tapi begitu melihat matanya berair. Aku merasakan kesedihan
yang dalam. Setelah melihat orang itu berjalan kearah perkebunan entah mau
kemana, aku pulang dengan perasaan tidak menentu.
|
Jenis konflik kutipan cerpen tersebut adalah …
a.
Fisik
b.
Lahir
c.
Batin
d.
Jamani
40.
Perpaduan antara unsur-unsur yang membangun
cerita sehingga merupakan kerangka utama cerita disebut dengan …
a.
Tokoh
b.
Latar
c.
Alur
d.
Sudut pandang
B.
URAIAN
41.
Perhatikan potongan iklan berikut!
Direktur dan
segenap staf PT. Maju Jaya mengucapkan selamat dan sukses atas terpilihnya
Bapak Hasbi Wira sebagai Manager. Semoga berhasil memajukan PT. Maju Jaya
sebagai perusahaan yang unggul.
|
a.
Tuliskan kalimat fakta yang ada didalam iklan
tersebut!
b.
Tuliskan kalimat opini yang ada didalam iklan
tersebut!
42.
Perhatikan ilustrasi iklan berikut ini!
Pak Hanif bermaksut
menjual tanahnya 400m di desa Karadenan, Bogor. Tanah tersebut sudah
bersertifikat hak milik, terletak disamping kantor kepala padesa. Tanah akan
dijual seharga 200 juta rupiah, damai dan tanpa perantara. Pak Yanto bertempat
tinggal di Jalan Pemuda No. 36, Jaktim. Hp 082113139143
|
Buatlah ilustrasi tersebut kedalam iklan baris!
43.
Bacalah cerpen berikut!
Tiba-tiba aku
melihat Bapak berlinangan air mata. Aku kaget luar biasa. Tapi, ia tidak
berkata sepatah kata pun. Ia tidak menatapku, tapi aku merasakan hatinya
sedang menatapku tajam. Aku meraih tangan Ibu, menciumnya dan sungkem pada
ibuku. “Mohon doanya ya, Bu.” Ibu
terisak. Aku juga melakukannya pada Bapak. Kali ini aku yang terisak. Karena
ketika memeluknya, aku marasakan tubuh Bapak yang sudah mulai tua dan
ringkih. Bapak kurus sekali, lebih kurus dari yang aku kira. Bahunya keras,
ia seperti tak pernah mengistirahatkan bahunya untuk menyandang beban hidup
yang berat. Bapak pasti juga punya impian seperti aku.
|
Tuliskanlah karakter tokoh aku yang tersirat dalam
penggalan cerpen tersebut!
44. Bacalah syair berikut!
Tubuhnya yang kurus
berjalan dengan lesu
Mata menatap dengan
tatapan yang sendu
Alam yang elok
berubah menjadi kelabu
Bumi pertiwi
diguncang dengan duka yang tak menentu
Air bah datang
gelombang menerjang
Harta hilang
nyawapun melayang
Duka lara menimpa
tak kunjung hilang
Jangan biarkan ini
berulang
Singsingkan tangan
rapatkan barisan
Tatap hari esok
yang ada didepan
Besar harapan untuk
masa depan
Tinggalkan duka
raih harapan
|
Tuliskan pesan yang dapat diambil dari syair tersebut!
45.
Bacalah cerpen berikut!
Ketika surat yang
baru diterimanya sudah dibaca berulang-ulang, ia hampir tak memberikan
pendapat apa-apa. Ia biarkan surat itu tergeletak diatas meja dan ia tak
berpikir apa-apa lagi tentang tawaran manis yang diajukan emaknya untuk
pulang barang sekejap.
Sudah 20 tahun ia
tidak pulang dan itu bukan waktu sekejap.
Ia menyadari benar hal itu. tapi kepedihan yang pernah menggores
jiwanya itulah yang sulit diusir. Ia tetap menyimpannya ditiap sudut hatinya
yang rapuh.
“Pulang sajalah.
Mungkin itu lebih baik bagimu,” kata sang istri ketika surat senada datang
lagi untuk kali yang kedua, ketujuh, dan entah keberapa lagi.
|
Tuliskan kesimpulan dari penggalan cerpen tersebut!
Tidak ada komentar:
Posting Komentar